Minggu, 28 Desember 2014

Jaran Susang


    Kembali kaki ini mengajakku melangkah lebih jauh untuk menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa,hal ini menjadi suatu cara dariku untuk lebih dekat dengannya (ALLAH).Dan kali ini kedua kaki mungil mengajakku ke suatu tempat penuh legenda,yaps namanya "JARAN SUSANG", (bukan musang loh ya,hihihi."Mengapa dinamakan Jaran Susang?",kata-kata itu seolah wajib keluar dari mulutku setiap melakukan perjalanan kemanapun,karena aku orangnya rasa pingin tau sangat besar selain memiliki hati yang besar juga. #alah. Dinamakan Jaran Susang karena dari pengertiannya Jaran yang dalam bahasa Sumbawa berarti kuda dan Susang berarti terbalik,jadi jika dikombinasikan berarti kuda terbalik,ntah kenapa saat ini masyarakat lebih sering menyebutnya dengan nama Jaran Pusang.Gunung ini terletak di desa Jompong Kec.Pelampang,Sumbawa,NTB.

     Jaran Susang adalah nama sebuah gunung diatas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut,dengan bentuk vertikal dari titik tertinggi.Dari atas gunung ini kita bisa melihat teluk saleh dan gunung tambora yang terpampang nyata,selain itu kita bisa melihat gunung-gunung hijau menyegarkan mata yang berbaris rapi dengan indahnya,,,mmm emejing.Untuk bisa sampai ke tempat ini kita butuh waktu selama kurang lebih 1 jam mendaki dan  30 menit menurun,sungguh waktu yang cukup menguras tenaga melihat rute perjalanan yang mendaki.Aahhh tenang saja,semua itu akan terbayar lunas ketika kamu sudah berada di titik dimana menyimpan keindahan  luar biasa dan legenda dan mitos yang sampai saat ini masih dipercayai warga setempat.Tempat apakah itu?Eiitttss tunggu dulu,perjalanan kita masih panjang guys,hehehe.

Jumat, 19 Desember 2014

Air Terjun Pamurun

    
Keren kan?? :D By:Fahry Samalewa

 Jika berbicara tentang air terjun di Sumbawa maka tidak akan ada habisnya,dikarenakan pulau ini menyediakan begitu banyak air terjun indah yang wajib untuk dikunjungi.Termasuk air terjun Pamurun di desa Bangkat Monteh,Kec.Brang Rea,Kab.Sumbawa Barat,NTB.Daerah ini banyak menyediakan keindahan dan keunikan yang membawa dampak positif bagi pariwisata NTB.

     Jika kita mendengar kicauan burung di luar sana,sering terdengar bahwa Pulau Sumbawa hanya sekedar Pulau Gersang nan panas yang tidak menyediakan secerca keindahan didalamnya,dan ada juga yang bilang kalau Pulau Sumbawa itu biasa aja.Biasa aja???siapa bilang??pernyataan kalau Sumbawa itu biasa-biasa aja  tiba-tiba terbantahkan ketika saya melihat betapa banyaknya destinasi wisata yang mungkin belum terjamah dan dilewati oleh wisatawan,yah surga tersembunyi yang terlewatkan.Benar kata pepatah bahwa "Tak Kenal Maka Tak Sayang".Jadi jika kalian ingin menyayangi sesuatu,maka kenalah terlebih dahulu.So,visit Sumbawa. :)

Kamis, 18 Desember 2014

Gua Mumber

   
Ini nih Gua Mumber

Yuhuuuuu.Saya kembali meninggalkan jejak untuk mengenal lebih dalam sang khaliq (ALLAH swt) dengan menikmati ciptaannya yang sangat luar biasa.Sungguh saya sangat bersyukur,karena begitu banyak keindahan alam yang sangat mempesona di negeri tercinta ini (INDONESIA).Dan saya bangga telah dilahirkan di pulau nan eksotis ini (SAMAWA:SABALONG SAMALEWA).

     Kali ini saya ngebolang ke salah satu Gua kece di Pulau Sumbawa,yups Gua Mumber.Gua ini terletak di desa Bangkat Munteh Kec.Brang Rea,Kabupaten Sumbawa Barat.Dari Taliwang kita memakan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke hutan menuju gua mumber.Sungguh tidak ada habisnya gua-gua yang unik,indah,menakjubkan dan membahana yang ada di Sumbawa,nah salah satunya ini nih,gua Mumber.Mengapa disebut gua mumber?nah saya juga gak tau pemirsa,hahaha.Mungkin didalamnya banyak mumber air ya?eh itu sumber.hihihi.

Selasa, 09 Desember 2014

...???

     Saya adalah seorang laki-laki yang ingin mencari kebahagiaan,salah satu kebahagiaan itu saya dapatkan dari setiap jejak perjalanan.Langkah demi langkah,sudut demi sudut,ujung demi ujung keindahan nusantara ingin saya jejaki,karena bagi saya INDONESIA adalah surganya dunia.


Selasa, 02 Desember 2014

Main Jaran,permainan anak Sumbawa

   
Mereka hebat


  Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari beberapa faktor,seperti agama,adat istiadat,bahasa,pakaian,perkakas ,karya seni,gaya hidup,dan bangunan.Budaya merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia karena banyak orang menganggapnya diwariskan secara genetis (sejak lahir).Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat,bahkan jika kita pergi ke daerah orang atau negeri orang,maka budaya itu akan tetap melekat dalam diri orang tersebut.Melville J.Herskovits dan Bronislaw Malinowski (dalam wikipedia) mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan masyarakat itu sendiri.Kebudayaan ada dikenal dengan kebudayaan nonmaterial,seperti dongeng,lagu,tarian tradisional,dan permainan.


Pulau Bedil

    
Pulau Bedil dari kejauhan.


 Sungguh tiada habisnya keindahan alam yang diberikan oleh pulau kecil ini (Sumbawa).Kali ini saya ngebolang ke salah satu pulau kecil di kec.Utan kab.Sumbawa,masyarakat biasanya menyebut dengan sebutan Pulau Bedil.Namun perjalanan saya kali ini bisa dibilang perjalanan yang tak terduga.Bagaimana tidak,sebelumnya saya gak berfikir apalagi berencana untuk datang ke pulau ini,namun ternyata eh ternyata saya dapat informasi kalo rekan-rekan bakal datang ke pulau ini,saya sempat shock karena gak tau apa yang harus saya lakukan duluan,padahal teman saya akan berangkat setengah jam lagi.Pergi gak ya?(dilema itu seketika muncul secara tiba-tiba).Kalo gak ikut,kapan lagi meninggalkan jejak di atas pulau cantik ini?(tambah risauan di dalam hati membuat perang hati).Nampaknya jiwa traveling sangat melekat di jiwa saya,dilema itu seketika hilang dengan sendirinya.Saya langsung bergegas untuk mengemasi perlengkapan untuk perjalanan nanti.


Jumat, 14 November 2014

Tanjung Menangis (Sumbawa)

 
Sunset on Tanjung Menangis
 Sebuah pantai yang letaknya tak jauh dari pusat kota Sumbawa,kira-kira sekitar 20 menit saja anda sudah sampai di tempat yang penuh dengan legenda ini,yupsss namanya adalah “TANJUNG MENANGIS”.Kenapa dikatakan tanjung menangis?konon katanya pada jaman dahulu kala ada seorang gadis yang ingin dijodohkan dengan seorang pria,namun gadis tersebut tidak setuju dan akhirnya lari sambil menangis ke tempat tersebut,dan karena itulah disebut dengan Tanjung Menangis.Kurang lebih seperti itu menurut cerita yang saya dengar,gak apa-apa kan dripada gak tau sama sekali?,hehehe. :D


Minggu, 12 Oktober 2014

Surga Tersembunyi di Pulau Sumbawa

     Malam telah berganti senja,ayam mulai bersahut-sahutan menandakan hari sudah pagi.Matahari masih malu-malu menampakkan cahayanya dari balik gunung.Ketika beranjak dari tempat tidur,sayapun menengok kearah jarum jam,ternyata sudah pukul 06.30.Saya langsung bergegas menyiapkan perlengkapan,memanaskan motor dan segera mandi sebelum matahari memancarkan sinarnya lebih terang lagi.Setelah sudah rapih dan perlengkapan sudah siap,ini saatnya saya berangkat menuju simpangan kuda (Sumbawa Besar) untuk menemui teman-teman AVENTUROUS SUMBAWA yang sudah menunggu saya cukup lama,kamipun segera meninggalkan Sumbawa dan menuju Labangka untuk melakukan trip ke pantai Leppu.

Minggu, 05 Oktober 2014

Sebagian Kecil Tradisi dan Keindahan Lombok dan Sumbawa

    Hallo para blogger di seluruh indonesia maupun dunia,hehe.Sampai jumpa dengan saya sang traveller sejati,ciee elaah sejati,:D.Perkenalkan saya M.IKHSAN ANUGRAH,salah satu mahasiswa perguruan tinggi swasta di Sumbawa (NTB).Pada postingan perdana saya ini,saya akan mengajak anda untuk lebih mengenal keindahan dan budaya pulau Lombok dan Sumbawa yang mungkin anda belum pernah mengetahui sebelumnya.