Minggu, 28 Desember 2014

Jaran Susang


    Kembali kaki ini mengajakku melangkah lebih jauh untuk menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa,hal ini menjadi suatu cara dariku untuk lebih dekat dengannya (ALLAH).Dan kali ini kedua kaki mungil mengajakku ke suatu tempat penuh legenda,yaps namanya "JARAN SUSANG", (bukan musang loh ya,hihihi."Mengapa dinamakan Jaran Susang?",kata-kata itu seolah wajib keluar dari mulutku setiap melakukan perjalanan kemanapun,karena aku orangnya rasa pingin tau sangat besar selain memiliki hati yang besar juga. #alah. Dinamakan Jaran Susang karena dari pengertiannya Jaran yang dalam bahasa Sumbawa berarti kuda dan Susang berarti terbalik,jadi jika dikombinasikan berarti kuda terbalik,ntah kenapa saat ini masyarakat lebih sering menyebutnya dengan nama Jaran Pusang.Gunung ini terletak di desa Jompong Kec.Pelampang,Sumbawa,NTB.

     Jaran Susang adalah nama sebuah gunung diatas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut,dengan bentuk vertikal dari titik tertinggi.Dari atas gunung ini kita bisa melihat teluk saleh dan gunung tambora yang terpampang nyata,selain itu kita bisa melihat gunung-gunung hijau menyegarkan mata yang berbaris rapi dengan indahnya,,,mmm emejing.Untuk bisa sampai ke tempat ini kita butuh waktu selama kurang lebih 1 jam mendaki dan  30 menit menurun,sungguh waktu yang cukup menguras tenaga melihat rute perjalanan yang mendaki.Aahhh tenang saja,semua itu akan terbayar lunas ketika kamu sudah berada di titik dimana menyimpan keindahan  luar biasa dan legenda dan mitos yang sampai saat ini masih dipercayai warga setempat.Tempat apakah itu?Eiitttss tunggu dulu,perjalanan kita masih panjang guys,hehehe.


Foto by Lso Tour

Hamparan kehijauan yang menyejukkan mata.
Eksiisss mode on :D
Tarik nafas dulu sebelum melanjutkan perjalanan.
Ahlan si petualang cilik yg hebat,masih berusia 5 tahun udah punya segudang pengalaman.

     Ditengah perjalanan kamu dapat melihat tebing menjulang tinggi yang menjadi alasan mengapa gunung tersebut dinamakan Jaran Susang,dengan catatan melihatnya harus dengan teliti dan penuh konsentrasi, #ujian kali ya.Tapi emang bener guys,melihat ke arah tebing harus dengan teliti agar kamu dapat mengetahui secara jelas hal yang membuat nama gunung ini dinamakan Jaran Susang.Ternyata eh ternyata di tebing tersebut terdapat sebuah gambar berbentuk kuda terbalik dengan kepala di atas dan kaki di bawah,terlihat kurang jelas dikarenakan selain jarak penglihatan yang cukup jauh juga warnanya yang sangat mirip dengan warna tebing,jadi sangat disayangkan sekali kita tidak bisa mengambil gambarnya dengan kamera.Nah itulah alasan kenapa gunung ini dinamakan Jaran Susang/Pusang.

     Perjalanan tidak berakhir disini,lagi-lagi tempat ini masih menyimpan keindahan tersembunyi yang masih alami.Untuk menuju kesana kita butuh waktu sekitar 20 menit pendakian,but no problem,untung saya bawa power bank untuk isi ulang tenaga, #emangnya hp?hahaha. LET GET LOST,LET'S GOOO (ala Ruben Onsu) :D Ditengah perjalanan kita dihadapkan pada jurang yang cukup terjal,jika tidak hati-hati dan berpegangan kuat pada tanah dan akar pohon yang hanya berada di sebelah kiri dan sebelah kanan  adalah jurang,maka kita hanya tinggal nama,oohh tidaaakkk.Sungguh memacu adrenalin,apalagi saya phobia ketinggian,hadeehh alamat seluruh badan gemeteran. "Hati-hati san,jangan lihat bawah",seorang rekan  bernama Kosnady Deo yang coba menguatkan saya tuk melewati cobaan ini. #sedikit_lebay.

     And finally sampai juga ke tempat yang sayan bicarakan tadi,yaps namanya "TELAGA LOMPA".Telaga Lompa adalah sebuah telaga yang berada ditengah hutan lebat yang tinggi.Tempat ini cukup unik karena berbentuk seperti danau kecil dengan air berwarna hijau cerah diatas gunung yang tinggi.Saya baru pertama kali menemukan telaga indah di atas ketinggian ribuan meter,huuffsss kereenn.Seperti yang saya katakan tadi tempat ini menyisakan legenda dan mitos,jadi jika kita melempar batu sekencang-kencangnya untuk melewati telaga,maka batu tersebut hanya mampu sampai tengah saja,nah loh gimana kalau lemparnya pakai tank??emang bisa?? #ngawur...Cobain aja sendiri,dan buktikan kebenarannya. :D

Ini nih Telaga Lompa. By Ain Fauzi


Ayah dan anak yg kompak.
Ini temen aku Ichal. :)

Keindahan yang dimiliki gunung ini bukan hanya itu dan masih ada tempat kece yang cukup memanjakan mata.Anda penasaran?sama saya juga.Tunggu tulisan selanjutnya ya. :D