Senin, 07 Desember 2015

Pantai Pink Punya Cerita


      Perjalanan kami para peserta TW GATHERING berawal dari Tanjung Luar.Tanjung Luar merupakan nama salah satu desa yang berada di Kecamatan Keruak Lombok Timur.Dari Hotel Prathama (tempat kami menginap) menuju Tanjung Luar butuh waktu sekitar 3 jam.Namun 3  jam bukanlah waktu yang lama bagi kami,itu karena kami bisa melihat pemandangan Lombok selama perjalanan. “Di Tanjung Luar kita bisa lihat pelelangan ikan,ada yang jual ikan paus juga”,ucap mas Hadi (seorang guide kami selama di Lombok.Mendengar penjelasan mas Hadi membuat saya kaget sekaligus penasaran,yang benar aja ada yang jual ikan paus?entahlah.Yang pastinya disana banyak nelayan yang melelang ikan mereka.

     Sesampainya di Tanjung Luar,kami disambut para nelayan yang duduk manis sambil sibuk dengan ikan mereka masing-masing.Disini ramai sekali dengan nelayan,ramai juga dengan ikan-ikan yang sudah pasrah menerima nasib mereka terkapar di dalam ember besar,hahaha.Kebanyakan ikan yang dijual disini adalah ikan tongkol yang super duper segar ,bahasa kerennya nih fresh from the sea,dijadikan sushi enak kali ya? (lah emang tongkol bisa dijadikan sushi?),harganya pun murah meriah,satu ember sekitar 100 ribuan,ikannya banyak,bisa makan bareng sekeluarga tuh,apalagi sekarang menjelang tahun baru,pas banget buat bakar-bakar.Bagi ibu-ibu yang pintar nawar,kayaknya keahlian itu jangan dikeluarkan ditempat ini yah,masa iya harga ikan murah kayak gini masih di tawar (ikannya satu ember full loh).Ikan-ikan disini ditangkap bukan hanya dari perairan sekitar Tanjung Luar saja,tapi sampai perairan Sumbawa loh,woooowww kan?

Temu Blogger Dalam Acara World Travel Writer Gathering

     “The Dream come True”.Itulah kata-kata yang pantas untuk saya saat ini.Bagaimana  tidak,saya sebagai new comer dalam dunia pembloggeran punya mimpi untuk bertemu dengan para blogger-blogger kece yang punya tulisan jebret serta pengalaman yang banyak serta saling berbagi pengalaman.Selain itu juga saya berfikir bahwa semakin banyaknya saya mengenal blogger kece itu maka saya akan banyak mendapat inspirasi dalam dunia pembloggeran.Oh iya,selain itu saya juga punya mimpi bukan hanya sekedar bertemu mereka saja,tapi bisa wara wiri bareng untuk menjajal sejengkal demi sejengkal keindahan ibu pertiwi.So,did you know?itu semua terjadi guuuuyyysss :D #jingkrak2

     Saya bisa bertemu mereka lewat ajang kompetisi menulis yang diadakan oleh BPPD NTB yang bertajuk “World Travel Writer Gathering”.Dari ketiga pemenang,saya masuk kedalam salah satu tulisan terbaik yang mengangkat tulisan yang berjudul Air Terjun Agal dan berhasil memikat hati dewan juri,ada juga pemenang dari berbagai kategori lomba seperti lomba foto yang dimenangi oleh 3 orang dan juga dari jalur seleksi yang terpilih ada 5 orang.Sempat gak percaya sih kalau saya bakal menang lomba blog ini,sempat pesimis juga,saingan saya para blogger kelas atas yang udah punya pengalaman banyak dan tulisan-tulisan kece sedangkan saya hanya blogger new comer yang belum tau lebih jauh dalam dunia pembloggeraan.Namun Tuhan masih memeluk saya dan memiliki rencana indah,karena Tuhan tahu mana hambanya yang lebih membutuhkan.Hahahahah :v

Selasa, 17 November 2015

Dikaki Gunung Tambora Menyimpan Sejarah Peradaban

     Senja-pun tiba,matahari mulai beranjak pergi menuju peraduannya,bumi semakin gelap dan bintang-bintang mulai bermunculan menandakan hari sudah malam.

Minggu, 15 November 2015

Menghadiri Event Jambore Seni Pelajar NTB

     Puas menikmati dan mempelajari situs peninggalan sejarah yang ada di Sumbawa Besar,keesokan harinya tepat tanggal 31 Oktober 2015 kami tim dari Sumbawa dan Lombok melanjutkan lawatan dengan mengunjungi situs peninggalan sejarah lainnya yang ada di Kabupaten Dompu.Perjalanan dari kota Sumbawa Besar menuju Kabupaten Dompu sekitar 5 jam,namun jika berhenti di perjalanan sembari beristirahat bisa memakan waktu lebih dari itu.

Selasa, 10 November 2015

Mengenal Istana Bala Kuning Lebih Dekat

     Dihari yang sama tepat tanggal 30 Oktober 2015 saya dan rekan-rekan tim dari Sumbawa dan Lombok melanjutkan Lawatan Sejarah dengan mengunjungi bangunan bersejarah lainnya yang berada di Kabupaten Sumbawa tepatnya di pusat kota Sumbawa Besar,bangunan ini bernama "Bala Kuning".Dengan mendengar nama Bala Kuning tentu langsung terlintas dibenak kita bahwa bangunan ini pasti berwarna kuning,iya lah kalo warnanya biru berarti bukan Bala Kuning dong,melainkan Bala Biru.Hehehe.

     Jarak antara Istana Dalam Loka dan Istana Bala Kuning sekitar 150 m,kita bisa jalan kaki untuk menuju Istana Bala Kuning dikarenakan jarak yang tidak terlalu jauh,hitung-hitung olahraga lah yah.Naik motor juga lebih cepat dan bisa melihat pusat pertokoan di kota Sumbawa Besar,jalan kaki maupun menggunakan kendaran anda bisa melihat bangunan bersejarah lainnya yaitu Istana Bala Puti dalam perjalana,it's your choice. :)

Cerita Dibalik Kokohnya Istana Dalam Loka

     Tepat tanggal 30 Oktober 2015 saya mengikuti kegiatan Lawatan Sejarah Daerah NTB yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB.Acara ini berlangsung mulai tanggal 30 Oktober – 2 November 2015.Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada generasi muda tentang situs-situs peninggalan sejarah yang mulai tak dikenali seiring berjalannya waktu,karena tak dapat dipungkiri bahwa situs peninggalan sejarah seperti ini sangat asing ditelinga masyarakat khususnya generasi muda.Kita seharusnya mengetahui apa yang telah terjadi dimasa lampau,karena kita tidak bisa seperti saat ini tanpa sejarah.Bangsa tanpa sejarah itu bukan bangsa yang sesungguhnya.

     Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah NTB ini diikuti oleh peserta dari seluruh daerah yang ada di provinsi NTB,masing-masing daerah terdiri dari 5 peserta,ada yang dari Lombok,Sumbawa,Dompu dan Bima.Seluruh peserta tidak berkumpul saat hari pertama kegiatan berlangsung,hanya tim Sumbawa dan tim Lombok yang berkumpul di Istana Dalam Loka yang berlokasi di pusat kota Sumbawa.Sebenarnya tim dari Lombok sudah mengawali perjalanannya mengunjungi situs peninggalan sejarah seperti Mayura dan Narmada yang ada di pulau Lombok sebelum akhirnya berlayar menuju pulau Sumbawa.Saya sangat senang sekali mengikuti kegiatan ini karena banyak mendapat teman baru dari berbagai latar belakang budaya yang berbeda,disini kita bisa berbagi pengalaman dan saling mengenal budaya masing-masing.

Minggu, 09 Agustus 2015

Pengalaman Mengikuti Pemuda Pelopor

     
Profil Singkat
     Saya adalah mahasiswa dari perguruan tinggi swasta yang terletak di Kabupaten Sumbawa,Provinsi NTB yaitu UNIVERSITAS SAMAWA (UNSA).Saya mengambil Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan program studi Ekonomi Pembangunan.Saya termasuk orang yang aktif di kampus dengan mengikuti berbagai lomba seperti English competition,debat antar mahasiswa (Alhamdulillah juara 1),lomba pemuda pelopor dan juga menjadi peserta terbaik saat ospek.Selain itu saya masuk dalam sebuah organisasi Lembaga Gubernur Mahasiswa (LGM) dengan banyak menyelenggarakan berbagai lomba seperti lomba footsal,lomba menari tradisional,menggambar,lomba hijab style,dll.Dan organisasi kami sering bekerjasama dengan instansi tertentu seperti penyelenggaran seminar “Kampanye Anti Narkoba” yang bekerjasama dengan BNN.

Senin, 03 Agustus 2015

Berbakti Pada Ibu Pertiwi di Pulau Kenawa

Kenawa Island

      Sumbawa memang tak se-populer Jawa dan tak se-fenomenal Bali dan Lombok (wisata Lombok bisa anda lihat disini www.twgathering.com,bahkan banyak orang yang menanyakan “Sumbawa itu dimana ya?” atau yang lebih lucu “Sumbawa itu di NTT ya?”.Sering sekali Sumbawa itu disamakan dengan Sumba yang ada di NTT,padahal jauh berbeda.Dari namanya saja beda,apalagi tempatnya.Bener gak?Perlu anda ketahui bahwa Sumbawa dan Sumba itu sangatlah berbeda,kalau Sumba gak ada huruf "wa" nya yah,,hihihi.Sumbawa itu terletak di provinsi NTB yang satu kawasan dengan pulau Lombok,sedangkan Sumba masuk dalam wilayah NTT.Simple tapi jelas kan?Tapi kali ini saya akan membahas pulau Sumbawa,keindahan apa saja yang terlewatkan dipulau sejuta sapi itu? Let’s check it out ;)

Kamis, 02 Juli 2015

Istana Sumbawa (DALAM LOKA)



     
Istana Dalam Loka


     Istana Dalam Loka merupakan tempat tinggalnya para raja SUMBAWA pada masa itu,terletak di Kabupaten Sumbawa,provinsi Nusa Tenggara Barat.Keberadaan Kabupaten Sumbawa (Tana Samawa) mulai dikenal sejak zaman Dinasti Dewa Awan Kuning (1350-1389).Pada masa itu corak kerajaan masih bersifat hinduistis.Corak hindu pada Dinasti Dewa Awan Kuning berakhir pada masa kepemimpinan Raja Dewa Majaruwa. Raja Dewa Majaruwa memeluk Islam setelah kerajaan menjalin hubungan dengan kerajaan islam demak di Jawa sekitar tahun 1478-1597. Kemudian pada tahun 1623 kerajaan Dewa Awan Kuning ditaklukan oleh Kerajaan Goa sehingga kekuasaan Kerajaan Sumbawa pun berpindah pada Dinasti Dewa Dalam Bawa. Raja pertama begergelar Sultan Hanurasyid 1. Kerajaan ini berkuasa selama 3 abad di tanah Sumbawa. Dan sampai saat ini masih terdapat peninggalan kerajaan berupa rumah istana Sumbawa atau istana dalam loka.

Rabu, 25 Maret 2015

Pesona Ai Nyember

     
     Perjalanan saya kali ini tanpa rencana,itu karena teman yang tiba-tiba mengajak saya untuk pergi ke Ai Nyember.Sebenarnya sih sudah ada rencana dari dulu,tapi rencana itu bagaikan pelangi yang hilang seketika,dan saya sudah tidak memikirkannya lagi,tapi ternyata???
"San,kita ke Ai Nyembir yuuukkksss" ajakan dari sahabat saya Chandra
"Yuuuukkksss" balas saya.
Yupsss,memang jawaban saya tanpa basa-basi mikir ini itu langsung saja mau ikut,itu karena saya setres dengan tugas kuliah yang numpuk dan harus memikirkan persentasi,huuufffsss (lupakan).Saya langsung bergegas menyiapkan peralatan tempur (hp,kamera,jacket,kacamata,dll) untuk ber-selfie ria,hhahaha.

Jumat, 20 Maret 2015

Air Terjun Agal Yang Menakjubkan

  
Photo By: Yudi Rusdian

     Wahai alam yang tak bernyawa
     Wahai raga yang tak bernyawa
     Aku anak petualang

     Yang haus akan indahnya alam
     Yang lapar akan segarnya udara alam
     
     Langkah kaki ini tak berhenti melangkah
     Menerjang ombak,mengarungi lautan,mendaki bukit
     Demi menikmati keajaiban Tuhan
     Yang tiada tara...!!!