Rabu, 25 Maret 2015

Pesona Ai Nyember

     
     Perjalanan saya kali ini tanpa rencana,itu karena teman yang tiba-tiba mengajak saya untuk pergi ke Ai Nyember.Sebenarnya sih sudah ada rencana dari dulu,tapi rencana itu bagaikan pelangi yang hilang seketika,dan saya sudah tidak memikirkannya lagi,tapi ternyata???
"San,kita ke Ai Nyembir yuuukkksss" ajakan dari sahabat saya Chandra
"Yuuuukkksss" balas saya.
Yupsss,memang jawaban saya tanpa basa-basi mikir ini itu langsung saja mau ikut,itu karena saya setres dengan tugas kuliah yang numpuk dan harus memikirkan persentasi,huuufffsss (lupakan).Saya langsung bergegas menyiapkan peralatan tempur (hp,kamera,jacket,kacamata,dll) untuk ber-selfie ria,hhahaha.

     Ai Nyembir adalah sebuah air terjun yang terletak di Dusun Selang,Desa Kereke,Kecamatan Untir Iwis,Kabupaten Sumbawa,NTB,sekitar 1 jam saja dari kota Sumbawa Besar menuju Desa Kereke dan 40  menit perjalanan menuju air terjun yang bernama "Ai Nyember".Mengapa dikatakan Ai Nyembir?dari 2 kata tersebut,Ai dalam bahasa Sumbawa berarti air dan Nyembir berarti terjun,jadi jika digabungkan berarti air terjun,it's so simple,isn't?

On The Way
     Seperti yang saya jelaskan diawal tadi,saya pergi bersama teman bernama Chandra.Hanya Chandra?yups hanya dia teman berkelana saya untuk kali ini.Kita bagaikan dua sisi koin yang tak terpisahkan,karena kita sehati dan sehobi "BERPETUALANG".Dua anak muda yang begitu mencintai alam,menyukai tantangan,karena bagi kami alam adalah sahabat kami,dan kami adalah sahabat alam.Alam banyak mengajarkan kami tentang arti hidup yang sesungguhnya dan memberikan dampak positif bagi kami.So,anda sahabat alam juga??? :)

     Perjalanan kami cukup menantang,baru beberapa menit di perjalanan sudah dihadapkan pada jalan yang jelek,but so far,so good.Di tengah perjalanan kami sempat bingung arah mana menuju lokasi Ai Nyembir,itu karena ini adalah kali pertama bagi saya ke Ai Nyembir.Emang sih Chandra udah kesini,tapi penyakitnya kambuh "LUPA". :D.Tanpa malu kami bertanya ke salah satu warga setempat arah menuju Ai Nyembir tersebut,dan kami sudah tau arah mana yang akan kita tuju,kebetulan ada warga yang bertujuan sama dengan kami,kitapun pergi bersama-sama.Namun kami terkendala dengan motor yang kami naiki,karena rem tangannya tidak berfungsi,dan kita ditinggal,huuuffsss.Jalan ke Ai Nyembir banyak yang bercabang,kita bingung mau arah kanan atau kiri,tpi kita ikut isi hati aja ke arah kanan,hehehe.Dan benar,itu memang jalannya.Yuuuhhuuu.

Ketemu Sungai dan Sawah
     Kami sudah setengah perjalanan dan belum merasakan kelelahan yang fatal,ini karena selama perjalanan kami mengisi waktu dengan begosip. #Eh :v
"Can itu sungai" 
"oh iya,kesana yuukk"
"emang jalannya kesana keleess,,hahaha"
Air sungainya cukup deras,namun sangat bersih dan segar,ah rasanya ingin langsung nyebur di tengah terik matahari yang terus menyerang kami.Tapi kami ingat,tujuan kami harus segera mungkin  sampai Ai Nyember agar pulangnya tidak kemalaman.Disamping sungai juga kita bertemu sawah-sawah yang sukses menyejukkan mata,rasanya kelelahn itu tidak akan pernah muncul.
Dalam perjalanan,kita bertemu adik kecil yang juga ingin kesana,kebetulan dia tahu jalan,kita akhirnya pergi dengan Tour Guide cilik,hehehe.

jalannya

Jalan berbatu
Persawahan
Rumah kecil tempat peristirahatan
Narsis dulu sebelum melanjutkan perjalanan :D
Pengen langsung nyebur,hehe
Ketemu warga sekitar,barengan pergi ke Ai Nyember



Ai Nyembir
     Finally kita nyampe juga.Heemmzzz benar apa yang saya kira,airnya udah pasti ada,soalnya kami datang saat musim hujan,kalau musim kemarau biasanya airnya sedikit atau bahkan tidak ada.Ketinggian air terjun ini bisa mencapai 40 m dan dibawahnya ada gnangan air yang kira-kira dalamnya sedada orang dewasa.Sensasi mandi di air terjun ini sangat seru,jika anda suka memacu adrenalin,bisa langsung loncat dari tempat tertinggi,kalau gak berani yah di tengah aja,kebetulan ada tempat untuk kaki berpijak.Ada salah satu warga yang tertantang untuk terjun dari ketinggian 40 meter,bagi saya yang phobia ketinggian itu wooowww dan gilaaaa. #Lebay

Bertapa dulu pemirsah :D

manjat ayoo manjat
Kereeenn kan???

     Disarankan bagi anda yang belum pernah kesini dan berniat untuk mengunjunginya,harus bawa bekal dari rumah ya,karena tempatnya sangat jauh dari pusat perbelanjaan,dan pastinya jangan buang sampah sembarangan,cintai dan jagalah alammu dengan tidak meninggalkan sampah sembarangan,OK. ;(

#SalamBocaPetualang #Eh :D