Senin, 03 Agustus 2015

Berbakti Pada Ibu Pertiwi di Pulau Kenawa

Kenawa Island

      Sumbawa memang tak se-populer Jawa dan tak se-fenomenal Bali dan Lombok (wisata Lombok bisa anda lihat disini www.twgathering.com,bahkan banyak orang yang menanyakan “Sumbawa itu dimana ya?” atau yang lebih lucu “Sumbawa itu di NTT ya?”.Sering sekali Sumbawa itu disamakan dengan Sumba yang ada di NTT,padahal jauh berbeda.Dari namanya saja beda,apalagi tempatnya.Bener gak?Perlu anda ketahui bahwa Sumbawa dan Sumba itu sangatlah berbeda,kalau Sumba gak ada huruf "wa" nya yah,,hihihi.Sumbawa itu terletak di provinsi NTB yang satu kawasan dengan pulau Lombok,sedangkan Sumba masuk dalam wilayah NTT.Simple tapi jelas kan?Tapi kali ini saya akan membahas pulau Sumbawa,keindahan apa saja yang terlewatkan dipulau sejuta sapi itu? Let’s check it out ;)


     Jika anda berkunjung ke pulau Sumbawa maka akan dimanjakan oleh pulau-pulau cantik yang mempesona baik dari barat maupun timur pulau Sumbawa.Tapi kali ini saya traveling ke pulau Kenawa yang masuk kawasan Kabupaten Sumbawa Barat.Letaknya tak jauh dari pelabuhan Poto Tano,cukup memerlukan waktu sekitar 20 menit saja maka kita sudah bisa menikmati indahnya pulau yang masih perawan ini.Kita menyebrang dari dermaga yang melewati gerbang yang menandakan bahwa kita sudah masuk di kawasan Wisata Bahari Pulau Kenawa.Pergi ke pulau kenawa gak mahal-mahal kok,hanya merogoh kocek uang sekitar Rp 300.000 termasuk PP.Jumlah penumpang tidak ditentukan,yang terpenting perahunya bisa nampung,jika anda pergi bersama teman-teman atau keluarga sebanyak 10 orang,maka Rp 300.000 itu bisa dibagi 10,jadi /orang bayar Rp 30.000 saja,murah kan?Tapi kalau ada yang mau bayarin,itu lebih bagus. :D

     Kali ini saya traveling bukan sembarang traveling atau biasa di sebut bukan JJB (jalan-jalan biasa),karena saya traveling bareng anak-anak ADVENTUROUS SUMBAWA yang memiliki misi #GoCleanKenawa.Misi ini disebabkan karena kami prihatin akan kondisi kenawa saat ini yang dihiasi oleh “SAMPAH”.Sayang sekali pulau secantik itu kehilangan pesona akibat tangan-tangan jail yang tak bertanggung jawab.Katanya sih pecinta alam,tapi nyatanya penghancur alam.Huuuffzzz.

     Lebih dari 50 orang sukarelawan yang tersebar dari berbagai daerah di pulau Sumbawa,ada yang dari Sumbawa Besar,KSB dan Dompu,kami berbagi tugas,ada yang memungut sampah,ada yang nge-cat,dll.Kami bahu membahu menjalin persaudaraan demi satu tujuan yaitu kami ingi alam kembali tersenyum bersama kami.Dengan tekat dan niat yang tinggi,inilah sebagian kecil langkah kami untuk berbakti pada ibu pertiwi.Kami ingin alam terjaga dan kembali tersenyum. :)

Gerbang pulau Kenawa
Menuju dermaga penyebrangan

Ini dia dermaganya


     Sampah disini sangat banyak,kami mampu mengumpulkan sampah sekitar 15 tas keresek besar,dan inilah oleh-oleh yang kami bawa pulang.Sampah di pulau ini kebanyakan sampah yang tak dapat diperbarui seperti pelastik bekas makanan dan minuman pengunjung.Kurangnya kesadaran pengunjung akan pentingnya kebersihan dan menjaga alam menjadi faktor utama penumpukkan sampah disini.Namun perlahan demi perlahan kesadaran itu seketika  muncul bak puncuk bunga yang mulai mekar,sehingga alam ini akan tetap terjaga kelestariannya.Karena kalu bukan kita siapa lagi?kalau bukan sekarang kapan lagi???.Sebenarnya pulau Kenawa ini masih sangat cantik meski banyaknya sampah,namun akan lebih cantik lagi jika pulau ini bersih tampa sampah,sungguh ini emnjadi objek wisata yang menarik di pulau Sumbawa.

Biar sampahnya banyak,kalau kerjasama gini jadi ringan kerjanya :)

Sampahnya gilaaa,,banyak banget -_-

Ulah tangan jail yang tak bertanggung jawab (n)
Kalau begini kan jadi enak dipandang. :D
 
Nge-cet dulu pemirsah


Ini berat banget sumpah,tapi semangat kita dapat menghilangkan rasa berat itu. ;)

     Seperti yang saya katakana tadi,menuju pulau kenawa memerlukan waktu penyebrangan sekitar 20 menit.Namun itu tidak menjadi masalah karena selama perjalanan anda diberikan bonus untuk melihat pulau-pulau cantik dengan pasir putih lainnya seperi pulau Paserang dan pulau Kalong.Anda juga bisa melihat puncak gunung Rinjani yang indah dari kejauhan.Kalau dalm bisnis,ini diibaratkan masih DP-nya dulu lah,hehe.

Perjalanan menuju pulau Kenawa

Selama perjalanan,kita bisa lihat puncak gunung rinjani loohhh .


     Pulau kenawa menyajikan pemandangan yang luar biasa,perpaduan rumput ilalang yang bergoyang bak penari,air biru yang jernih,bawah laut yang cukup bagus serta pasir putih yang halus seolah menyapa kami dengan ramahnya.Disini juga telah tersedia rumah kecil untuk beristirahat sambil menikmati karya sang pencipta yang tak ternilai.Sungguh,nikmat tuhan manakah yang kau dustai? :).Jika anda ingin melihat pulau kenawa secara keseluruhan,di pulau ini terdapat bukit gunung yang lumayan tinggi,bentuk pulau kenawa terlihat sangat jelas dari ketinggian,dan disini juga menjadi spot sunset yang bagus.Tips dari saya sih sebaiknya anda datang ke Pulau Kenawa sekitar bulan Mei,karena pada saat itu musim hujan sudah habis dan tersisa pemandangan hamparan rumput hijau yang luas serta sinar matahari yang menyinari membuat pulau ini tampak lebih sempurna,apalagi kalu dilihat dari atas bukitnya,seakan mata tak mampu tuk berkedip sedetik saja untuk menyaksikan karya Tuhan yang maha esa.Tapi jika anda datang saat musim kemarau tak menjadi masalah,pemandangannya tetap terlihat cantik dan mempesona.Jika anda ingin menginap/camping disini,diharuskan membawa tenda ya,karena di pulau ini belum disediakan tempat penginapan,namun itu tak jadi masalah,camping disini sangat luar biasa,karena anda disajikan pemandangan sun rise yang menakjubkan serta udara yang sangat segar.Oh iya,untuk masalah konsumsi,sebaiknya anda persiapkan memang dari rumah ya,seperti makanan ringan,kompor jika perlu,dll,jika anda tidak ingin kelaparan,tapi saat malam hari ada orang yang menjual ikan bakar,itu bisa membantu anda disana.Intinya,sedia payung sebelum hujan.Itu semua jika anda ingin nginap,kalau gak juga kapal tersedia untuk menjemput anda pulang.

Perpaduan pasir putih dan birunya air laut bikin meleleeehhh :D

Jalan-jalan man :D

Camping disini seru loohh

Menyambut sang fajar


Tenda kami berbaris rapi.

Saat sore hari,view-nya tambah keceee.
Bawah lautnya cukup bagus.

Jenis karang apa yah ini???

Nemonya lucu,,masih malu-malu :D


     Sungguh perjalanan yang mengajarkan arti sebuah kebersamaan,kekeluargaan,solidaritas dan selalu bersyukur akan nikmat yang Tuhan berikan.Tetap jaga alam kita yah mas bro and mba sist,jika anda mencintai alam maka alam akan lebih mencintai kita,jika kita tak perduli dengan alam maka alam akan menghancurkan kita.Let’s pack your bag and go adventure.Yuhuuuuu :D

   
Saatnya untuk kembali.