Kamis, 18 Desember 2014

Gua Mumber

   
Ini nih Gua Mumber

Yuhuuuuu.Saya kembali meninggalkan jejak untuk mengenal lebih dalam sang khaliq (ALLAH swt) dengan menikmati ciptaannya yang sangat luar biasa.Sungguh saya sangat bersyukur,karena begitu banyak keindahan alam yang sangat mempesona di negeri tercinta ini (INDONESIA).Dan saya bangga telah dilahirkan di pulau nan eksotis ini (SAMAWA:SABALONG SAMALEWA).

     Kali ini saya ngebolang ke salah satu Gua kece di Pulau Sumbawa,yups Gua Mumber.Gua ini terletak di desa Bangkat Munteh Kec.Brang Rea,Kabupaten Sumbawa Barat.Dari Taliwang kita memakan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke hutan menuju gua mumber.Sungguh tidak ada habisnya gua-gua yang unik,indah,menakjubkan dan membahana yang ada di Sumbawa,nah salah satunya ini nih,gua Mumber.Mengapa disebut gua mumber?nah saya juga gak tau pemirsa,hahaha.Mungkin didalamnya banyak mumber air ya?eh itu sumber.hihihi.

     Sebelum melakukan perjalanan ke Gua Mumber,saya dan kawan-kawan ADVENTUROUS SUMBAWA menginap disalah satu rumah panggung milik teman kami.Disinilah kami bermalam untuk beristirahat setelah lelah selama perjalanan yang panjang dari Sumbawa ke Taliwang.Disinilah tempat kami menjalin kebersamaan yang begitu indah diantara kami,bermain,bercanda,makan bareng bahkan tidur bareng disini,hehehe.Inilah kami yang selalu mengedepankan kebersamaan dan menjalin keakraban satu sama lain.Keluarga besar ini banyak memberikan saya banyak pelajaran dari setiap perjalanan,tentang arti dari sebuah kebersamaan,persahabatan,persaudaraan dan solidaritas yang erat diantara kami.Sungguh kebersamaan itu indah kawan. :D


Rumah penginapan kami


Perjalanan Ke Gua Mumber

     Untuk menuju ketempat ini kita butuh waktu selama kurang lebih 4 jam,30 menit di perjalanan menuju hutan dan 3,5 jam perjalanan didalam hutan.Kebayang gak tuh gimana capeknya?Saat masuk  hutan,kita disambut oleh puluhan kupu-kupu yang menari indah di atas helai daun,dan bercanda ria dengan kawannya,sangat indah.Tapi sayang fotonya gk sempat di ambil,hiks hiks hiks. ;( .Kami berjalan beriringan bak sekumpulan semut merah yang berbaris rapi untuk mencari santapan,seperti biasa kami ditemani seorang tour guide yang siap membantu dan memberikan arahan kepada kami serta menunjukkan jalan yang benar agar sampai ke gua dengan selamat.Didalam gua saya sempat jatuh beberapa kali karena jalannya sangat licin dan becek,rintangan bukan sampai disitu pemirsa,kaki saya juga sempat tenggelam didalam lumpur,berat sekali untuk mengangkat kaki,sandal saya juga hampir putus akibat tenggelam terlalu dalam,alhasil kaki dan celana ikut-ikutan terkena imbasnya (kotor).Eeeiittss,pertarungan masih berlanjut dan kali ini dengan kawanan hewan kecil mungil yang menjengkelkan,yaps nyamuk.Hadeehh ni hewan kurang kerjaan banget,ngapain coba pake ngikutin saya segala,pake gigit-gigit leher saya lagi,padahal yang boleh gigit kan cuman wanita,uuppsss. #abaikan :D

     Berjalan ditengah hutan liar selama kurang lebih 3,5 jam membuat saya cukup lelah,tubuh  sudah mandi keringat,baju dan jaket pun seirama menandakan betapa perjuangan menuju tempat ini sangat luar biasa.Selama peralanan saya dan kawan-kawan (sebut saja gengs Ciaubella) yang terbentuk beberapa menit tadi menyempatkan diri untuk bersenda gurau untuk memusnahkan rasa lelah,kami bernyanyi-nyanyi disela perbincangan,jika ada kata yang pas dengan lirik lagu maka kami melanjutkannya dengan bernyanyi (ala Syaiful Jamil),dan juga sesekali mengeluarkan yel-yel ala geng Ciaubella.Itulah cara kami memusnahkan rasa lelah dan pegal yang begitu menyiksa.But we are happy. #Sedikit_alay_pemirsa :D



Jalan menuju hutan

Jalan setapak ditengah hutan
Jalan rame2 itu menyenangkan :D


Sampai Gua Mumber

     Dan pada akhirnya kami sampai juga.Yuuuhuuuyy.Gua ini sangat unik,karena terdiri dari dua tempat yang berbeda.Jarak kedua gua ini tidak jauh,hanya sekitar 15 meter untuk sampai ke gua kedua.Perbedaan kedua gua ini cukup jelas,kalau di gua pertama saat masuk kedalamnya kita langsung disambut ribuan kalilawar yang menari-nari di atas gua karena sadar diri akan kedatangan kami,serta bau yang sangat menyengat menusuk hidung dari kotoran kalilawar ini,dan suara yang khas dari kalilawar ini berhasil menyerbu gendang telinga saya,hehehe.Gua pertama ini sangat luas,stalagtit dan stalagmit terpampang nyata dengan keindahannya.Langit-langit gua menjulang tinggi yang dihiasi ribuan kalilawar serta kotoran kalilawar yang berhasil membuat saya terpeleset dan akhirnya jatuh (nyanyi:aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi,aku terpeleset dalam gua sakit sekali),nada sperti lagu Rumor:Butiran Debu,hahaha.Kalau gua kedua malah sebaliknya,kita tidak menemukan aktivitas kaliliawar pada biasanya,apalagi menemukan kotoran yang sangat mengganggu konsentrasi,suasana di gua satu ini tenang,nyaman.Masuk kedalam gua ini harus ekstra hati-hati,karena jalannya menurun dan sangat terjal,batu-batu yang rapuh sesekali jatuh dengan sendirinya,jika tidak hati-hati maka akan terpeleset jatuh kedalam gua yang sangat dalam,ooohh tidaaakk.Dan ketika saya masuk ke dalam gua,saya melihat monster.what monster?Kabuuuurrrr..Eiittsss jangan kaget dulu,ini hanya mulut goanya saja yang mirip seperti mulut monster besar bertaring,sangat menyeramkan,tapi itu bukan monster beneran kok,woles aja, :D.Uniknya lagi,di dalam gua kedua ini kita dapat menemukan air mengalir yang sangat jernih dan dingin menusuk tulang.Airnya bisa langsung diminum karena tidak tersentuh tangan manusia.Saya sempat mencoba untuk meminumnya untuk sekedar melepas dahaga,yaps benar sekali airnya sangat dingin dan segar,tinggal di tambah Nutrisari langsung jadi deh.#bukan_promosi_loh_ya :D .Persamaannya sama saja seperti gua lain pada umumnya,dihiasi stalagtit dan stalagnit yang unik dan keren.

Guanya keren bingiittzz.Photo by Yudi Rusdian


Bocah petualang sejati
Di dalam gua kedua.


 Pulang

     Dan pada akhirnya petualangan kami di Gua mumber cukup sampai disini.Seperti biasa saat kami pulang,foto bareng gak boleh ketinggalan.Dan seperti biasa juga yang papo kami (tukang jepret) kak Yudi Rusdian.Semuanya sudah lengkap dan kami segera meninggalkan jejak di Gua yang penuh kesan ini.Tapi perjalanan kami untuk menjelajah tempat indah tidak berakhir sampai disini,masih ada tempat yang gak kalah kece badai bin ajib,hehehe.Mau tau seperti apa keseruan dan keindahannya???Jangan kemana-mana tetap di OSKSP (Obrolan Seputar Kicauan Sang Pejalan).Hihihi. :D

     
Kebersamaan itu indah kawan.Photo by Yudi Rusdian